welcome to my mini blog . . . . .
matoduwoloooo

Jumat, 10 Agustus 2012

Teori Pengambilan Keputusan (Identifikasi Teknik pendekatan dalam pengambilan keputusan berkelompok)


Orang umumnya sangat hebat dalam menilai dan mengkritik. Mereka cenderung terlalu cepat mengambil keputusan, tanpa meberi kesempatan suatu gagasan berkembang. Berikut contoh kasus sederhana mengenai penerapan teknik Brainstorming :
Dalam proses belajar mengajar dalam pelajaran Bahasa Inggris, teknik Brainstorming dilakukan untuk mengkolaborasi suatu topik berdasarkan pendapat dari peserta didik. Seorang Guru akan mengajar Bahasa Inggris dengan topik ‘Family’. Maka guru bisa memulai pelajaran dengan melakukan teknik Brainstorming seperti meminta siswa membuat daftar nama anggota keluarga.
Jika Guru akan mengajarkan tentang meminta dan meberi informasi tentang benda-benda dalam rumah maka guru bisa memulai dengan meminta siswa membuat daftar benda dalam rumah. Dengan media yang bisa digunakan adalah papan tulis dengan meminta siswa menulis satu persatu. Untuk tingkat atas akan lebih seru jika diiringi lagu ranca. Siswa diminta berhenti menulis jika lagu menulis.
Alasan penggunaan teknik Brainstorming dalam contoh kasus ini karena penggunaan teknik Brainstorming ini efektif membuat siswa aktif dalam proses belajar mengajar . dimana mereka ikut berpikir tentang sesuatu yang dekat dengan kehidupan mereka. Dengan begini suasana belajar akan lebih hidup daripada komunikasi satu arah dari Guru saja.
Teknik Brainstorming merupakan teknik untuk menghasilkan gagasan yang mencoba mengatasi segala hambatan dan kritik. Kegiatan ini mendorong banyak munculnya banyak gagasan,termasuk gagasan yang liar,berani dengan harapan bahwa gagasan tersebut dapat menghasilkan gagasan yang kreatif. Brainstorming sering digunakan juga dalam diskusi kelompok untuk memecahkan masalah bersama. Tekni Brainstorming juga dapat digunakan secara individual
Adapun contoh lain dari penggunaan teknik Brainstorming ini yaitu :
a) JK Rowling sempat ditolak oleh banyak penerbit ketika menawarkan kisah Harry Potter-nya yang sangat laris tersebut
b) KFC pernah ditolak berkali-kali sebelum menjadi makanan terkenal seperti sekarang
c) Percobaan Edison tentang bola lampu listrik yang telah diprotes oleh Rektor sebuah Universitas terkenal sebagai kesesatan yang disadari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar