welcome to my mini blog . . . . .
matoduwoloooo

Selasa, 07 Agustus 2012

“LIRIK LAGU BISA BIKIN AQIDAH EROR”


“ARE U READY TO ROCCKK??!!” kata si rocker sebelum menyanyikan lagunya diatas panggung. Menyapa penonton yg bersorak-sorak riuh dibawah panggung sambil melambaikan tangannya kearah rocker itu. Ada yg berteriak sambil memanggil nama rocker, ada yg menangis saking terharunya bertemu langsung dengan rocker idolanya, ada yg menyanyikan lagu si rocker  sambil berteriak-teriak,berharap supaya diajak kepanggung kalii. Lain lagi yg nonton TV,pagi-pagi sambil menyantap sarapan sesekali mulutnya bergumam mengikuti alunan lagu yg diputar di TV.
Perkembangan musik saat ini memang sangat pesat. Banyak band baru yg bermunculan,walaupun kehadiran mereka di dunia musik juga ibarat buih alias cepat menghilang. Untuk bisa hadir di dunia rekaman,masing-masing penyanyi atau group band punya cara tersendiri. Beberapa group band ada yg berpakaian unik sehingga dapat menarik perhatian, seperti group band ‘Kuburan’ yg dari namanya saja bikin orang penasaran,ditambah kostum personilnya yg aneh bin ajaib, hehehehe . . .
Pemirsa dirumah yg penasaran akhirnya mencari cara seperti apa sih lagunya. Nah . . .  yg jadi perhatian kita saat ini adalah isi lagu atau liriknya itu sendiri sob . . . , mungkin banyak yang ngga ngeh dengan hal yg satu ini,tetapi ternyata lirik lagu bisa berpengaruh besar pada mindset para pendengar lho . . .
Yupss . . , lagu-lagu cinta ini yg secara tidak sadar,sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit yg mengikis kesucian cinta. Dalam Islam, cinta itu fitrah,suci. Cinta yg hakiki itu yaa cinta pada Allah,lalu dilanjutkan lagi dengan cinta pada Rasulullah SAW,pada orang tua dan saudara se-muslim. Nahh. . . lagu-lagu yg bertemakan cinta yg banyak diputar di TV saat ini justru membuat remaja berfikir sempit tentang cinta itu sendiri. Cinta itu yaa pada lawan jenis
Kalau kita cinta sama seseoranh lantas gimana ?lagupun memberi solusinya seperti kata Melly Goeslaw dalam lagunya “Yuk . . . kita jadiaaan . . “ gawat kan tuh. Bisa-bisa nanti temen-temen kita ngikutin si Melly lagi. Ada juga lagunya BBB (alias Bukan Bintang Biasa) yg berbunyi,”Putus nyambung . . . putus nyambung . . . putus nyambung . .  sekarang putus besoknya menyesal,kalo lo laku hari ini putus ya putus ajah . . “ walaaah,emangnya kita bakwan,laku.
Cinta itu bukan trial n eror lagi, coba yg satu, kalo ngga cocok coba lagi yg lain sampe nemu yg sreg. Ada yg parah,”Kamu inginkan aku,peluk aku,cium aku” kalau ini udah mengajak ke zina sobatt. Janganknan peluk dan cium menyentuh tangan wanita yg bukan muhrimnya saja udah dosa. Hadits Ma’qil bin Yasar RA: “andaikata kepala seorang dari kalian ditusuk dengan jarum besi,itu lebih baik baginya daripada menyentuh wanita yg tidak halal baginya”.
Kalau lagu-lagu cinta yg seperti ini terus-menerus di dengar sama remaja,bukan tidak mungkin mereka dan kita dapat benar-benar terjun bebas dipergaulan yg jauh dari Islam : pacaran,berudaan,bergandengan tangan. Bagaimana tidak sehari-hari sering dengar lagu seperti itu,belum lagi teknologi yg sudah sangat canggih sekarang ini, di HP saja sudah bisa memutar musik. Ya sudah, lagu-lagu seperti tadi sudaj jadi makanan sehari-hari.
Dampaknya apa sobat ??? kata-kata yg ada pada lagu bisa tertanam pada si pendengarnya. Ibarat anak kecil yg didikte oleh gurunya untuk melafalkan kosa kata Bahasa Inggris,jika terus menerus di-driil , lama kelamaan anak tersebut akan terbiasa dengan logat bahasa inggris. Sama halnya dengan lagu-lagu itu,kala saja sudah hafal lagunya,jika tidak dipupuk dengan ilmu agama yg baik,bisa-bisa jika ada gejolak-gejolak asmara,penyelesaiannya yaa ngikutin lagu-lagu dehh bukan Al Qur’an.
Sobat pernah dengar kan berita di TV,gara-gara putus cinta sama pacarnya,seorang gadis remaja mengancam bunuh diri. Atau seorang remaja yg rela memberikan kehirmatannya atas permintaan pacarnya. Nauzubillah min Dzalik . . .  jangan sampai sobat yg baik berpikiran sempit seperti itu. Masalah nyanyian baik dengan alat musik maupun tanpa alat musik,merupakan masalah yg diperdebatkan oleh para fuqaha kaum muslimin sejak zaman dahulu.
Mereka sepakan dalam beberapa hal dan tidak sepakat dalam beberapa hal lain. Mereka sepakat mengenai haramnya nyanyian yg mengandung kekejian,kefasikan,dan menyeret seseorang kepada kemaksiatan,karena pada hakikatnya nyanyian itu baik jika memang mengandung ucapan-ucapan yg baik,dan jelek apabila berisi ucapan yg jelek. Jadi lagu-lagu atau nyanyian-nyanyian yg seperti diatas tadi sebaiknya dihindari ya sobat . . ., coba cari lagu yg mengandung kebaikan atau nasihat.
Mari mengevaluasi diri,seberapa sering kita telat sholat gara-gara sedang asyik dengerin musik? Ini yg penting,jangan sampai lupa shalat gara-gara khusyuk dengerin lagu. Coba isi waktu luang dengan hal yg lebih bermanfaat daripada sekedar mendengar lagu,misalnya bantuin ibu didapur,baca buku atau tilawah. Ingat setiap kita melakukan sesuatu nantinya akan dimintai pertanggungjawaban,ya kan ???mata,mulut,telinga kita nantinya akan ditanya,untuk apa mereka digunakan? Jika kita mendengar baik-baik,Allah pun akan memberi alasan yg baik pula*
“Sabili, 17 Maret 2011”
                                “Hana Fitriani”
Writer: Myl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar