welcome to my mini blog . . . . .
matoduwoloooo

Jumat, 10 Agustus 2012

Manajemen Pemasaran ( Perilaku Konsumen )



1.         Faktor  Psikologis yang mempengaruhi perilaku konsumen
Jawab :
Seseorang melakukan pembelian dipengaruhi oleh empat faktor psikologis yaitu:  motivasi, persepsi, pembelajaran dan keyakinan & sikap.
Ø  motivasi, dorongan yang ada pada diri seseorang untuk mengekspresikan kebutuhannya yang bersifat biogenik dan bersifat psikogenik.
Ø  Persepsi, proses yang dipakai oleh individu untuk memilih,  mengatur,  menafsirkan masukkan informasi untuk membentuk  gambaran mengenai  dunia   yang berarti baginya.
Ø  embelajaran, perubahan dlm perilaku seseorang yang timbul karena pengalaman.
Ø  Keyakinan & sikap,  gambaran pemikiran yang di pegang seseorang tentang sesuatu.
2.         Faktor lingkungan yang mempengaruhi  perilaku konsumen
Jawab :
a)    budaya
Ø  kekhasan suatu daerah cukup mempengaruhi, misalnya souvenir.
Ø  Bisa juga disebabkan karena kebiasaan suatu daerah yang sifatnya
Ø  meningkatkan atau mengurangi rasa suka terhadap produk tertentu
b)   Kelas social
Ø  Dapat diukur dari jabatan seseorang, dan kelas social berpengaruhi karena akan berkaitan dengan tempat membeli
c)    Kelompok
Ø  Kelompok dalam hal ini bisa teman sebaya, teman kerja maupun keluarga
d)   Keluarga
Ø  Factor pemakaian produk dari generasi ke generasi keluarga turut mempengaruhi mengapa seseorang memakai produk tertentu.
e)    Situasi tertentu
Ø  Seseorang memakai produk tertentu dan tidak memakai suatu produk yang
biasa dipakai karena situasi ekonomi yang tidak mengijinkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar