welcome to my mini blog . . . . .
matoduwoloooo

Senin, 03 September 2012

soal-jawab Manajemen Pemasaran


SOAL
1.   Jelaskan pentingnya analisis SWOT sebagai bagian utama dari perencanaan strategis!
2.   Mengapa pelanggan menjadi sangat penting dalam urusan bisnis ?
3.   Pilihlah perusahaan, kemudian lakukan audit pemasaran pada mereka !
4.   Carilah surat kabar keluhan dari salah satu pelanggan terhadap produk tertentu dan simaklah apakah ada respon balik dari perusahaan dan apa dampak dari pemberitaan dari surat kabar tersebut ?
5.   Berikan contoh perusahaan apa yang masih menganut filosofi konsep produk !
JAWAB
1.   Perencanaan strategis merupakan proses yang dilakukan suatu organisasi untuk menentukan strategi atau arahan, serta mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber dayanya (termasuk modal dan sumber daya manusia) untuk mencapai strategi ini. Berbagai teknik analisis bisnis dapat digunakan dalam proses ini, termasuk analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), PEST (Political, Economic, Social, Technological),atau STEER (Socio-cultural,Technological,Economic,Ecological, Regulatory). Analisis SWOT merupakan metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman yang terlibat dalam sebuah bisnis atau usaha. Analisa SWOT adalah alat analisa dalam menentukan tujuan bisnis usaha dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang baik dan tidak baik untuk mencapai tujuan tertentu. Analisa SWOT dapat diterapkan untuk menganalisis kelangsungan bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM).
2.   Karena pelanggan merupakan pihak ( konsumen ) yang dapat memberikan nilai tambah / pendapatan maximum terhadap suatu perusahaan. Dan karena pelangganlah suatu perusahaan dapat dikenal di lingkungan masyarakat , serta perusahaan juga dapat mengetahui tingkat keberhasilan perusahaan akan kualitas produk yang di produksi dari adanya keterlibatan para pelanggan yang telah setia memakai produk perusahaan.
3.   Audit Pemasaran “ Kios SH “ ( TELAGA )
Kios yang tempatnya terletak disekitar pemukiman masyarakat desa dan strategis juga
 Untuk luas arealnya masih terbilang tidak terlalu luas dgn ukuran 3,5m x 6m
Kios ini menjual kebutuhan makanan pokok masyarakat & voucher pulsa
 Kios ini berdiri dengan modal awal untuk pengisian sebesar kurang lebih Rp 2 juta
 Untuk kebutuhan makanan pokok di dapatkan / dipasok dari pasar tradisional ( pasar sentral ) , dan toko-toko besar ( toko yang menyediakan harga partai
 Untuk tingkat harga pembelian dan penjualannya disesuaikan dengan harga yg dapat dijangkau oleh masyarakat
 Adapun pendapatan yang didapatkan untuk tiap harinya yaitu kurang lebih Rp 100.000/harinya


4.   Contoh keluhan masyarakat :
Kebutuhan masyarakat akan koneksi internet cepat tanpa kabel (wireless) tampaknya masih harus menunggu lebih lama daripada yang diperkirakan. Di tengah persaingan dalam hal kemajuan teknologi di antara negara-negara lain Indonesia nampaknya masih dalam tahap “siap-siap”.
Di Indonesia boleh dikatakan tidak ada satu pun koneksi internet wireless yang bisa diandalkan. Bukan hanya yang murah, yang mahal pun bisa mengalami layanan kualitas yang buruk.
Seperti contoh pengalaman saya sendiri. Saya adalah pelanggan IM2 3G unlimited mengambil Paket You dengan biaya langganan Rp 388.000,-/ bulan. Akhir-akhir ini timbul beberapa masalah yang sangat mengesalkan seperti contoh:
·         Tidak bisa login ke jaringan meskipun sudah berpindah-pindah option mulai dari 3G Only maupun 3G Prefered
·         Sudah terkoneksi ke jaringan tetapi tidak bisa browsing meskipun sinyal bagus
·         Sudah berhasil login, sinyal penuh HSDPA 3-4 bars bahkan terkadang 5 bars tetapi kenyataannya kecepatannya hanya setara GPRS.
Kemarin saya mendapatkan email dari provider IM2 sebagai berikut: ( saya kutipkan langsung, agar tidak ada istilah salah kutip)
Bapak/Ibu pelanggan IM2 Broadband Internet yang terhormat,
Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu terhadap layanan IM2 Broadband Internet. Dengan antusiasme yang sangat positif, saat ini jumlah pengguna layanan IM2 meningkat secara sangat signifikan.
Seiring dengan peningkatan tersebut diatas, telah mengakibatkan lonjakan pada utilitas jaringan kami, dan menyebabkan menurunnya kualitas layanan di beberapa lokasi favorit. Pada lokasi favorit tersebut, Bapak/Ibu akan mengalami kendala dalam melakukan koneksi seperti:
1. Kesulitan koneksi walau kualitas signal yang di terima baik
2. Dapat melakukan koneksi dengan penerimaan signal yang baik, namun tidak dapat melakukan aktivitas internet
3. Penurunan kecepatan koneksi / low throughput
Perlu kami sampaikan bahwa prosentase atas kondisi tersebut diatas relatif rendah, kurang lebih berkisar 5% dari seluruh kapasitas yang kami miliki di kawasan Jabodetabek.


Lanjutan dan penutup email saya potong di sini.
·         Bayangkan, IM2 dari Indosat sebagai pelopor koneksi internet 3G menikmati pertumbuhan yang baik sekali namun tidak segera meningkatkan kemampuannya dalam melayani.
·         Pertanyaan untuk direnungkan:
·         Jika memang kapasitas IM2 tidak mampu mengimbangi pertumbuhan pelanggan yang pesat lalu kenapa masih menerima pelanggan terus menerus?
·         Jika memang di daerah-daerah tertentu sudah terlalu padat pelanggan bukankan IM2 bisa lebih jujur dengan menyetop sementara atau menginformasikan secara terbuka kepada pelanggan di muka, sebelum mereka berlangganan.
Apakah kalau bisnis bagus maka pelanggan dikorbankan?
Sudah selayaknya IM2 membebaskan pelanggan dari beban tetap yang dikenakan kepada pelanggan sementara layanannya belum optimal. Menulis surat kepada pelanggan tanpa memberi solusi adalah tindakan yang tidak simpatik dan tetap merugikan pelanggan.
Tanpa adanya Undang-undang Perlindungan Konsumen pun seharusnya setiap perusahaan, apalagi sekaliber Indosat hendaknya memperhatikan kepentingan pelanggan agar mereka betul-betul siap menjadi perusahaan kelas dunia tanpa harus diambil alih terlebih dahulu oleh perusahaan asing sekaliber Singtel.
Apa artinya nasionalisme tanpa diimbangi tekad untuk membuktikan bahwa bangsa ini memang bisa mengelola perusahaan dengan kaliber dunia.
Semoga demikian hendaknya sehingga kepentingan pelanggan tidak lagi dikorbankan sementara perusahaan yang sedang tumbuh pesat itu menikmati keuntungan yang luar biasa. Alangkah indahnya melihat perusahaan Indonesia tumbuh kuat di atas pelayanan yang luar biasa.
5.   Contoh perusahaan yang masih menganut filosofi konsep produk yaitu : ( konsep produksi )
 Perusahaan Yang Menerapkan Integrated Cost Leadership Diferentiation (PT Indofood Sukses Makmur)
Keungulan yang lain dari strategi integrasi ini adalah perusahaan mampu menghasilkan produk yang terdiferensiasi dengan biaya yang relatif rendah. Hal ini memungkinkan perusahaan tersebut dapat memiliki akses pasar yang luas dan tingkat profitabilitas yang cukup tinggi. Kita dapat melihat produk mie instant dengan berbagai diferensiasinya yang diproduksi PT. Indofood Sukses Makmur dapat dijual dengan harga yang rendah (harga eceran Rp 1200,-) per bungkusnya. Untuk dapat membuat produk mie instan dengan harga jual yang rendah tentu harus memiliki sistem produksi yang berbiaya rendah. Dengan strategi itu, perusahaan ini menguasai pasar mie instan di Indonesia bahkan mampu melebarkan produksi dan pemasarannya di luar negeri.


 Perusahaan Yang Menerapkan Strategi Diferensiasi (Google)
 Google menggunakan sistem informasi untuk membedakan produk,dan mengadakan produk dan jasa baru. Google mempunyai misi untuk memberikan pengalaman pencarian di Internet yang terbaik dengan mewujudkan informasi dunia yang mudah diakses dan bermanfaat. Google, pembuat mesin pencarian terbesar di dunia, menawarkan kecepatan, kemudahan pencarian informasi di internet. Dengan mengakses lebih dari 1.3 milyar halaman web, Google mengantarkan hasil yang relevan dengan semua pemakai di seluruh dunia kurang dari setengah detik. Sampai hari ini, Google telah merespon lebih dari 100 juta permintaan pencarian dalam sehari. Teknologi pencarian Google yang inovatif dan tata muka pemakainya yang elegan menempatkan Google pada posisi yang jauh berbeda dari mesin pencarian generasi pertama yang tersedia saat ini. Dibandingkan dengan hanya menggunakan teknologi kata kunci atau metasearch, Google memakai teknologi terbaru PageRank yang sedang dipatenkan, teknologi ini menjamin informasi-informasi yang terpenting akan ditampilkan dahulu. PageRank menampilkan pengukuran yang objektif mengenai tingkatan halaman web dan diukur dengan cara menyelesaikan sebuah persamaan dengan 500 juta variabel dengan lebih dari 2 milyar kondisi. PageRank menggunakan struktur keterkaitan yang sangat luas seperti dalam sebuah struktur organisasi. Pada intinya, Google menginterpretasikan sebuah keterkaitan dari Halaman A ke Halaman B sebagai sebuah “suara” oleh Halaman A untuk Halaman B. Google menilai pentingnya halaman web berdasarkan perolehan suara yang diperoleh. Google juga menganalisa halaman yang memberikan suara. Metode-metode pencarian Google yang otomatis dan kompleks tidak membolehkan adanya gangguan dari manusia. Tidak seperti mesin pencari yang lain, Google disusun agar tak seorangpun dapat membeli “tempat yang lebih tinggi” di hasil pencarian atau mengubah hasil pencarian untuk tujuan komersial. Pencarian Google adalah pencarian yang jujur dan obyektif dalam mencari website yang bermutu tinggi dengan cara yang mudah.

 Perusahaan Yang Menerapak Strategi Fokus Biaya ( Dell Computer )
Perusahaan ini menggunakan sistem informasi untuk membuat produk dan jasa pada harga yang lebih rendah dari pesaing dengan peningkatan kualitas dan pelayanan. Karena itulah Dell mampu mengeliminasi biaya-biaya yang timbul dalam usahanya. Dell, Inc. adalah sebuah perusahaan berbasis di Round Rock, Texas, Amerika Serikat, memproduksi dan memasarkan perangkat keras komputer (kebanyakan klon IBM). Sebagian pasarnya berada di komputer pribadi, namun Dell juga menjual server, alat penyimpanan data, switch jaringan, dan kluster komputer untuk perusahaan. Pada 2005 Dell, Inc. telah menjadi salah satu perusahaan yang paling dipandang. Pada Februari 2005, Dell tampil di tempat pertama di dalam urutan “Perusahaan Paling Dibanggakan” majalah Fortune


Tidak ada komentar:

Posting Komentar