SOAL
1.
Jelaskan
pentingnya analisis SWOT sebagai bagian utama dari perencanaan strategis!
2.
Mengapa
pelanggan menjadi sangat penting dalam urusan bisnis ?
3.
Pilihlah
perusahaan, kemudian lakukan audit pemasaran pada mereka !
4.
Carilah
surat kabar keluhan dari salah satu pelanggan terhadap produk tertentu dan
simaklah apakah ada respon balik dari perusahaan dan apa dampak dari
pemberitaan dari surat kabar tersebut ?
5.
Berikan
contoh perusahaan apa yang masih menganut filosofi konsep produk !
JAWAB
1.
Perencanaan strategis merupakan proses yang dilakukan suatu organisasi untuk menentukan strategi atau arahan, serta mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber dayanya (termasuk modal dan sumber daya manusia) untuk mencapai strategi ini. Berbagai
teknik analisis
bisnis dapat digunakan dalam
proses ini, termasuk analisis SWOT (Strengths,
Weaknesses, Opportunities, Threats), PEST (Political, Economic, Social,
Technological),atau STEER (Socio-cultural,Technological,Economic,Ecological,
Regulatory). Analisis SWOT merupakan metode perencanaan strategis yang
digunakan untuk mengevaluasi Kekuatan,
Kelemahan, Peluang, dan Ancaman yang terlibat dalam sebuah bisnis atau
usaha. Analisa SWOT adalah alat analisa dalam menentukan tujuan bisnis usaha
dengan mengidentifikasi faktor internal
dan eksternal yang baik dan tidak baik untuk mencapai tujuan tertentu.
Analisa SWOT dapat diterapkan untuk menganalisis kelangsungan bisnis Usaha
Kecil dan Menengah (UKM).
2.
Karena pelanggan
merupakan pihak ( konsumen ) yang dapat memberikan nilai tambah / pendapatan
maximum terhadap suatu perusahaan. Dan karena pelangganlah suatu perusahaan
dapat dikenal di lingkungan masyarakat , serta perusahaan juga dapat mengetahui
tingkat keberhasilan perusahaan akan kualitas produk yang di produksi dari
adanya keterlibatan para pelanggan yang telah setia memakai produk perusahaan.
3.
Audit Pemasaran “ Kios
SH “ ( TELAGA )
Kios yang tempatnya terletak disekitar
pemukiman masyarakat desa dan strategis juga
Untuk luas arealnya masih terbilang tidak
terlalu luas dgn ukuran 3,5m x 6m
Kios ini menjual kebutuhan makanan pokok
masyarakat & voucher pulsa
Kios ini berdiri dengan modal awal untuk
pengisian sebesar kurang lebih Rp 2 juta
Untuk kebutuhan makanan pokok di dapatkan
/ dipasok dari pasar tradisional ( pasar sentral ) , dan toko-toko besar ( toko
yang menyediakan harga partai
Untuk tingkat harga pembelian dan
penjualannya disesuaikan dengan harga yg dapat dijangkau oleh masyarakat
Adapun pendapatan yang didapatkan untuk
tiap harinya yaitu kurang lebih Rp 100.000/harinya
4.
Contoh keluhan
masyarakat :
Kebutuhan
masyarakat akan koneksi internet cepat tanpa kabel (wireless) tampaknya masih
harus menunggu lebih lama daripada yang diperkirakan. Di tengah persaingan
dalam hal kemajuan teknologi di antara negara-negara lain Indonesia nampaknya
masih dalam tahap “siap-siap”.
Di Indonesia
boleh dikatakan tidak ada satu pun koneksi internet wireless yang bisa
diandalkan. Bukan hanya yang murah, yang mahal pun bisa mengalami layanan
kualitas yang buruk.
Seperti
contoh pengalaman saya sendiri. Saya adalah pelanggan IM2 3G unlimited
mengambil Paket You dengan biaya langganan Rp 388.000,-/ bulan. Akhir-akhir ini
timbul beberapa masalah yang sangat mengesalkan seperti contoh:
·
Tidak bisa login ke jaringan meskipun sudah
berpindah-pindah option mulai dari 3G Only maupun 3G Prefered
·
Sudah
terkoneksi ke jaringan tetapi tidak bisa browsing meskipun sinyal bagus
·
Sudah
berhasil login, sinyal penuh HSDPA 3-4 bars bahkan terkadang 5 bars tetapi
kenyataannya kecepatannya hanya setara GPRS.
Kemarin saya
mendapatkan email dari provider IM2 sebagai berikut: ( saya kutipkan langsung,
agar tidak ada istilah salah kutip)
Bapak/Ibu
pelanggan IM2 Broadband Internet yang terhormat,
Kami
mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu terhadap layanan IM2
Broadband Internet. Dengan antusiasme yang sangat positif, saat ini jumlah
pengguna layanan IM2 meningkat secara sangat signifikan.
Seiring
dengan peningkatan tersebut diatas, telah mengakibatkan lonjakan pada utilitas
jaringan kami, dan menyebabkan menurunnya kualitas layanan di beberapa lokasi
favorit. Pada lokasi favorit tersebut, Bapak/Ibu akan mengalami kendala dalam
melakukan koneksi seperti:
1. Kesulitan
koneksi walau kualitas signal yang di terima baik
2. Dapat
melakukan koneksi dengan penerimaan signal yang baik, namun tidak dapat
melakukan aktivitas internet
3. Penurunan
kecepatan koneksi / low throughput
Perlu kami
sampaikan bahwa prosentase atas kondisi tersebut diatas relatif rendah, kurang
lebih berkisar 5% dari seluruh kapasitas yang kami miliki di kawasan
Jabodetabek.
Lanjutan dan
penutup email saya potong di sini.
·
Bayangkan,
IM2 dari Indosat sebagai pelopor koneksi internet 3G menikmati pertumbuhan yang
baik sekali namun tidak segera meningkatkan kemampuannya dalam melayani.
·
Pertanyaan
untuk direnungkan:
·
Jika memang
kapasitas IM2 tidak mampu mengimbangi pertumbuhan pelanggan yang pesat lalu
kenapa masih menerima pelanggan terus menerus?
·
Jika memang
di daerah-daerah tertentu sudah terlalu padat pelanggan bukankan IM2 bisa lebih
jujur dengan menyetop sementara atau menginformasikan secara terbuka kepada pelanggan
di muka, sebelum mereka berlangganan.
Apakah kalau
bisnis bagus maka pelanggan dikorbankan?
Sudah
selayaknya IM2 membebaskan pelanggan dari beban tetap yang dikenakan kepada
pelanggan sementara layanannya belum optimal. Menulis surat kepada pelanggan
tanpa memberi solusi adalah tindakan yang tidak simpatik dan tetap merugikan
pelanggan.
Tanpa adanya
Undang-undang Perlindungan Konsumen pun seharusnya setiap perusahaan, apalagi
sekaliber Indosat hendaknya memperhatikan kepentingan pelanggan agar mereka
betul-betul siap menjadi perusahaan kelas dunia tanpa harus diambil alih
terlebih dahulu oleh perusahaan asing sekaliber Singtel.
Apa artinya
nasionalisme tanpa diimbangi tekad untuk membuktikan bahwa bangsa ini memang
bisa mengelola perusahaan dengan kaliber dunia.
Semoga
demikian hendaknya sehingga kepentingan pelanggan tidak lagi dikorbankan
sementara perusahaan yang sedang tumbuh pesat itu menikmati keuntungan yang
luar biasa. Alangkah indahnya melihat perusahaan Indonesia tumbuh kuat di atas
pelayanan yang luar biasa.
5.
Contoh perusahaan yang
masih menganut filosofi konsep produk yaitu : ( konsep produksi )
Perusahaan Yang
Menerapkan Integrated Cost Leadership Diferentiation (PT Indofood Sukses
Makmur)
Keungulan yang lain dari strategi
integrasi ini adalah perusahaan mampu menghasilkan produk yang terdiferensiasi
dengan biaya yang relatif rendah. Hal ini memungkinkan perusahaan tersebut
dapat memiliki akses pasar yang luas dan tingkat profitabilitas yang cukup
tinggi. Kita dapat melihat produk mie instant dengan berbagai diferensiasinya
yang diproduksi PT. Indofood Sukses Makmur dapat dijual dengan harga yang
rendah (harga eceran Rp 1200,-) per bungkusnya. Untuk dapat membuat produk mie
instan dengan harga jual yang rendah tentu harus memiliki sistem produksi yang
berbiaya rendah. Dengan strategi itu, perusahaan ini menguasai pasar mie instan
di Indonesia bahkan mampu melebarkan produksi dan pemasarannya di luar negeri.
Perusahaan Yang
Menerapkan Strategi Diferensiasi (Google)
Google menggunakan sistem informasi untuk membedakan produk,dan mengadakan
produk dan jasa baru. Google mempunyai misi untuk memberikan pengalaman
pencarian di Internet yang terbaik dengan mewujudkan informasi dunia yang mudah
diakses dan bermanfaat. Google, pembuat mesin pencarian terbesar di dunia,
menawarkan kecepatan, kemudahan pencarian informasi di internet. Dengan
mengakses lebih dari 1.3 milyar halaman web, Google mengantarkan hasil yang
relevan dengan semua pemakai di seluruh dunia kurang dari setengah detik. Sampai
hari ini, Google telah merespon lebih dari 100 juta permintaan pencarian dalam
sehari. Teknologi pencarian Google yang inovatif dan tata muka pemakainya yang
elegan menempatkan Google pada posisi yang jauh berbeda dari mesin pencarian
generasi pertama yang tersedia saat ini. Dibandingkan dengan hanya menggunakan
teknologi kata kunci atau metasearch, Google memakai teknologi terbaru PageRank
yang sedang dipatenkan, teknologi ini menjamin informasi-informasi yang
terpenting akan ditampilkan dahulu. PageRank menampilkan pengukuran yang
objektif mengenai tingkatan halaman web dan diukur dengan cara menyelesaikan
sebuah persamaan dengan 500 juta variabel dengan lebih dari 2 milyar kondisi.
PageRank menggunakan struktur keterkaitan yang sangat luas seperti dalam sebuah
struktur organisasi. Pada intinya, Google menginterpretasikan sebuah
keterkaitan dari Halaman A ke Halaman B sebagai sebuah “suara” oleh Halaman A
untuk Halaman B. Google menilai pentingnya halaman web berdasarkan perolehan
suara yang diperoleh. Google juga menganalisa halaman yang memberikan suara.
Metode-metode pencarian Google yang otomatis dan kompleks tidak membolehkan
adanya gangguan dari manusia. Tidak seperti mesin pencari yang lain, Google
disusun agar tak seorangpun dapat membeli “tempat yang lebih tinggi” di hasil
pencarian atau mengubah hasil pencarian untuk tujuan komersial. Pencarian
Google adalah pencarian yang jujur dan obyektif dalam mencari website yang
bermutu tinggi dengan cara yang mudah.
Perusahaan Yang
Menerapak Strategi Fokus Biaya ( Dell Computer )
Perusahaan ini menggunakan sistem
informasi untuk membuat produk dan jasa pada harga yang lebih rendah dari
pesaing dengan peningkatan kualitas dan pelayanan. Karena itulah Dell mampu
mengeliminasi biaya-biaya yang timbul dalam usahanya. Dell, Inc. adalah sebuah
perusahaan berbasis di Round Rock, Texas, Amerika Serikat, memproduksi dan
memasarkan perangkat keras komputer (kebanyakan klon IBM). Sebagian pasarnya
berada di komputer pribadi, namun Dell juga menjual server, alat penyimpanan
data, switch jaringan, dan kluster komputer untuk perusahaan. Pada 2005 Dell,
Inc. telah menjadi salah satu perusahaan yang paling dipandang. Pada Februari
2005, Dell tampil di tempat pertama di dalam urutan “Perusahaan Paling
Dibanggakan” majalah Fortune
Tidak ada komentar:
Posting Komentar