Mk : Manajemen Pemasaran ( Perilaku Konsumen
)
1.
faktor psikologis yang mempengaruhi perilaku
konsumen
jawab :
amotivasi, dorongan yang ada
pada diri seseorang untuk mengekspresikan kebutuhannya
yang bersifat biogenik dan bersifat
psikogenik.
b
persepsi
dan keterlibatan, proses yang dipakai oleh individu untukmemilih, mengatur,
menafsirkan masukkan informasi untuk membentuk gambaran mengenai dunia yang berarti baginya.serta keterlibatan diri
dikarenakan keinginan memperhatikan penampilan yang disesuaikan dengan
keterlibatan ditempat tertentu
c
pembelajaran, perubahan dlm perilaku seseorang
yang
timbul karena pengalaman.
keyakinan & sikap, gambaran pemikiran yang di pegang seseorang tentang
sesuatu.
2.
Faktor
lingkungan yang mempengaruhi perilaku konsumen
a.
Budaya
:
Budaya, sub budaya dan klas sosial sangat penting bagi
perilaku pembelian.Sub budaya mencakup : bangsa, agama, kelomp ras dan wilayah
geografis.
b.
Sosial
Pada dasarnya semua masyarakat memiliki stratifikasi
sosial, yaitu tingkatan sesuai dengan kasta, keturunan, kekayaan, pangkat
jabatan dll.
c.
Kelompok
keanggotaan
yaitu
yang mempunyai pengaruh langsung dengan pribadi keluarga, teman, tetangga,
rekan kerja yg berinteraksi sosial secara terus menerus dan informal.
d.
Keluarga
merupakan
kelompok konsumen yg paling penting dlm masyarakat. Keluarga
terdiri dari ortu, suami/istri, anak, saudara. Pengaruh keluarga sangat dominan
dlm menetapkan pembelian.
e.
Pribadi
Yang mempengaruhi pembelian adalah usia, siklus hidup,
pekerjaan, gaya hidup serta kepribadian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar