1. Jelaskan
pentingnya analisis SWOT sebagai bagian utama dari perencanaan strategis!
Jawab : Analisis
SWOT merupakan bagian dari proses perencanaan. Hal utama yang ditekankan adalah
bahwa dalam proses perencanaan tersebut, suatu institusi membutuhkan penilaian
mengenai kondisi saat ini dan gambaran ke depan yang mempengaruhi proses
pencapaian tujuan institusi. Dengan analisa SWOT akan didapatkan karakteristik
dari kekuatan utama, kekuatan tambahan, faktor netral, kelemahan utama dan
kelemahan tambahan berdasarkan analisa lingkungan internal dan eksternal yang
dilakukan. Dari analisa tersebut potensi dari suatu institusi untuk bisa maju
dan berkembang dipengaruhi oleh : bagaimana institusi memanfaatkan pengaruh
dari luar sebagai kekuatan tambahan serta pengaruh lokal dari dalam yang bisa
lebih dimaksimalkan.
2. Mengapa
pelanggan menjadi sangat penting dalam urusan bisnis!
Jawab : Loyalitas
pelanggan merupakan faktor yang sangat penting bagi kelangsungan sebuah
perusahaan karena pelanggan yang loyal akan aktif berpromosi dan memberikan
rekomendasi kepada kerabat dan sahabat mereka, menjadikan produk sebagai
pilihan utama dan tidak mudah untuk berpindah ke kompetitor lain.
Para pakar
sepakat bahwa kepuasan pelanggan merupakan faktor utama yang dapat menarik loyalitas
pelanggan. Namun demikian, nasabah yang puas belum tentu secara otomatis
menjadi loyal, karena pada dasarnya manusia selalu ingin mencoba sesuatu yang
baru. Untuk itu diperlukan strategi yang tepat untuk mempertahankan pelanggan,
misalnya dengan mengadakan berbagai program Customer Loyalty, seperti pemberian
point reward, special discount, dll.
3. Jawab
: Pelayanan Nissan Cikarang tidak Profesional
Pada
24 Nopember 2011, saya memesan mobil Nissan GL HWS Autech M/T warna putih di
Dealer Nissan Cikarang dengan sales inisial “R” atasnama suami. Pada waktu itu
dijanjikan mobil akan keluar paling cepat pada Desember 2011 atau Januari 2012.
Setelah menunggu bulan Desember ternyata
dijanjikan awal Januari 2012, tapi diundur lagi dengan alasan libur tahun baru
dan dijanjikan kembali pada 15 Januari. Itu pun setelah saya selalu yang
menanyakan bukan dari pihak mereka yang memberikan informasi ke saya selaku
konsumen.
Tepat pada 15 Januari, saya menagih janji
untuk menanyakan pesanan mobil ternyata diundur kembali sampai 31 Januari
dengan alasan banyak yang pesan tipe tersebut dan Nissan sendiri “kaget” banyak
pesanan tipe tersebut sehingga antriannya panjang.
Akhirnya saya menanyakan kembali kepastian kapan mobil tersebut akan saya terima dengan bertemu manajer insial “M”. Dia bilang saya harus bersabar tunggu sampai 31 Januari padahal saya berniat kalau sampai 15 Januari belum turun juga mau dibatalkan dengan perjanjian uang DP 100% akan kembali dan saya akan membeli mobil dengan merk lain yang pelayanannya lebih profesional.
Akhirnya saya menanyakan kembali kepastian kapan mobil tersebut akan saya terima dengan bertemu manajer insial “M”. Dia bilang saya harus bersabar tunggu sampai 31 Januari padahal saya berniat kalau sampai 15 Januari belum turun juga mau dibatalkan dengan perjanjian uang DP 100% akan kembali dan saya akan membeli mobil dengan merk lain yang pelayanannya lebih profesional.
Pada
31 Januari, saya menanyakan kembali ke manajer “M” ternyata jawabannya sangat
mengecewakan, katanya tidak sanggup dan menyerah atas pesanan mobil yang tidak
kunjung datang sehingga menyarankan saya untuk membatalkan saja dengan mengembalikan
DP 100% dan akan diproses. Saya tanyakan kembali ke sales “R”, katanya barang
ada di pabrik Cikampek tapi tidak jelas alasanya kenapa tidak bisa turun sampai
ke dealer. Saya sebagai konsumen sangat dikecewakan oleh ketidakprofesionalan
pelayanan Nissan Cikarang, dirugikan oleh waktu inden pesanan yang sudah
berjalan dua bulan, tidak ada komunikasi antara sales dengan konsumen,
ketidaksiapan Nissan dalam menyiapkan produk. kalau memang tidak ada produk
kenapa ditawarkan kepada konsumen? Sehingga konsumen harus menunggu lama tanpa
kepastian yang jelas pada akhirnya di batalkan oleh pihak delaer.
Hal
ini dapat mempengaruhi konsumen lainnya serta calon konsumen, juga hal ini
dapat dimanfaatkan oleh pesaing untuk merebut hati konsumennya. Karenanya, perusahaan
modern yang besar dan memiliki banyak pelanggan akan dengan murah hati meminta
maaf dan tidak jarang disertai hadiah menarik bagi konsumen yang mengeluh.
Inilah tanda bahwa konsumen di mata produsen adalah benar-benar Raja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar